…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Makassar Dalam Ensiklopedia Inggris Bertarikh 1836

Posted in Indonesia, Sejarah, Sulawesi Selatan by daengrusle on November 13, 2013

Sampul buku Britich Cyclopedia 1836

Sampul buku Britich Cyclopedia 1836

Bukan Gowa-Tallo yang dikenal oleh bangsa Eropa hingga abad 19, tapi Makassar. Dalam banyak literatur Eropa masa itu, memang banyak ditemukan kekeliruan dalam mengidentifikasi kerajaan kembar di selatan Sulawesi itu dengan menyebutnya sebagai Makassar saja. Mungkin karena kota pelabuhan itu yang lebih dikenal oleh para pedagang, atau bisa jadi untuk menghindarkan kesalahan identifikasi karena di saat yang sama Goa juga menjadi nama sebuah daerah terkenal di India Selatan. Sejarawan Edward Polinggomang (2002) yang meneliti kegiatan niaga Makassar abad 19 juga mengindikasikan lumrahnya kesalahan ini ditemukan dalam banyak penelitian.

Makassar sendiri sudah kadung dikenal sebagai pelabuhan internasional semenjak jatuhnya Malaka oleh serangan Portugis tahun 1511. Sejak Portugis memonopoli jalur laut di Selat Malaka, para pedagang saat itu kemudian memindahkan kegiatannya ke kerajaan Siang, kemudian ke Makassar. Kerajaan Siang adalah satu kerajaan pra-islam yang pernah berdiri di sekitar Pangkep sebelum kemudian ditaklukkan oleh Gowa-Tallo.

Perihal Makassar, raja Gowa-Tallo saati itu Sultan Malikussaid bersama Karaeng Pattingalloang (1639-1653) memang mencanangkannyasebagai pelabuhan niaga internasional yang disesuaikan dengan azas Mare Liberum (Laut milik bersama). Sejak itu, Makassar menjadi kota dunia dan menjadi pusat transaksi niaga dan lalu lalang rempah, teripang, keramik dan sebagainya. Tercatat beberapa negara Eropa semisal Inggris, Portugis, Belanda, Denmark membangun pos dagangnya di Makassar, selain pos dagang Cina, Arab dan Melayu. Konon, penduduknya mencapai jumlah seratus ribu jiwa pada tahun 1615. Sayangnya popularitas nama Makassar justru membuat nama Gowa-Tallo menjadi terpendam. Gowa-Tallo sendiri lebih memusatkan pemerintahannya di Somba Opu, juga Galesong yang letaknya cukup jauh dari Makassar.

Sebuah ensiklopedia lawas bertajuk “British Cyclopedia” terbitan Orr and Smith London tahun 1836 juga memuat kekeliruan ini. Ensiklopedia tersebut hanya menyebut nama “kerajaan” Makassar sebagai representasi kerajaan yang sebenarnya, Gowa-Tallo. Meski ada juga kata Goa dalam buku itu, tapi merujuk ke nama daerah di India yang saat itu dikuasai Portugis. Nama Gowa ataupun Tallo tak disebutkan sama sekali. Di halaman 764 dari volume-2 ensiklopedia itu, sang penulis Prof Charles Partington membuka pemaparan tentang kota ini dengan cukup dramatis;

Makassar, dahulunya merupakan sebuah kerajaan yang sangat kuat sebelum ditaklukkan Belanda, terletak di barat daya pulau Celebes, kekuasaannya pernah membentang dari teluk Bone hingga Tanete. Puncak kejayaanya terjadi pada masa pertengahan abad ke-17, dengan tak hanya menguasai sebahagian besar pulau Celebes, tapi juga menjangkau Loma, Mandelly (Mandar?), Bima, Tambora, Dompo and Sangar (Sangir?). Pemerintahannya juga berhasil menaklukkan Buton, Bungay, Gapi, Xulla Island (Sulu?) dan Sumbhawa. Mereka juga menguasai Salayr (Selayar?) yang merupakan wilayah pemberian Baabullah (Sultan Ternate yang berkuasa kurun 1528-1583, pen)

Ensiklopedia ini juga mengulas bangsa asing yang mula menginjakkan kaki di kerajaan ini. Disebutkan bahwa orang Portugis menjejak sejak tahun 1512, juga orang-orang Melayu mulai berdatangan pada periode setelahnya. Orang Melayu bahkan diperbolehkan mendirikan masjid di perkampungannya. Agama Islam (disebutkan sebagai Mohammedan religion) disebutkan belum dianut oleh orang-orang Makassar saat kedatangan Portugis, meski juga tak bisa ditelusuri agama apa yang diyakini oleh orang2 Makassar saat itu, walaupun diakui bahwa mereka sudah punya peradaban tinggi. Baru pada tahun 1603, keseluruhan Makassar beralih menjadi penganut Islam dengan masuknya Raja Tallo berikut bangsawan Gowa-Tallo.

Advertisements
Tagged with: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: