…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Making Cappuccino

Posted in Abu Dhabi by daengrusle on October 19, 2011

Sejak beberapa bulan lalu, saya ketagihan Cappuccino. Pasalnya, seorang office boy bernama Syarif, asal Kerla, Southern India pernah menyuguhi saya segelas cappuccino buatannya saat siang selepas duhur. Meminumnya serasa nikmat sekali, baru kali itu saya merasakan lidah dan tenggorokan saya meluruh setiap teguk yang terlewat. Manis dan rasa kopi nya menyentuh sekali, serasa menyeruput permen kopi berbentuk cair.

 

Sejak itu, saya selalu minta Syarif untuk membuatkan saya cappuccino yang sama, tentu saja dengan menyelipkan ‘wasta’ setiap akhir bulan sebagai imbalan untuk kebaikannya.

 

Kemarin saya penasaran bagaimana dia membuat cappuccino yang maha-nikmat itu, saya diijinkan olehnya untuk menyaksikan bagaimana dia membuat. Berikut bahan2nya:

  • 2,5 sendok gula
  • 2 sendok kopi “Nescafe”
  • 2 sendok susu cair
  • 5-6 sendok coffee mate

Semuanya dimasukkan ke dalam cangkir dan diaduk cukup lama, sekitar 10 menit sampai warna adukannya menjadi coklat muda.

Setelah itu masukkan air panas dan tidak perlu diaduk lagi. Biarkan sampai endapan cappuccino nya mengembang naik ke permukaan. Tambahkan sedikit bubuk kopi di atas permukaan nya. Selesai.

 

Hari ini saya mencoba membuat cappuccino yang bahan dan metoda adukan nyaris sama sesuai yang saya lihat bagaimana Syarif melakukannya. Hasilnya, rasanya totally different somehow! Arrghh…

Cappuccino - my hand made 🙂

Advertisements

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. niQue said, on October 19, 2011 at 4:23 pm

    hahahaha …. jelas aja bedaaaaaaaa
    wong tangannya beda gitu lho daeng xixixi

    tar mo tak praktekin ah, enak apa engga yaaa kira2 😀

    • daengrusle said, on October 21, 2011 at 12:31 am

      Iya, sepertinya gtu. Adukan Syarif jauh lebih powerful, setidaknya itu pengakuan dia..hehehe.

      Selamat mencoba ya 🙂
      Kemaren gw coba pake Kopi Kapal Api..nikmat juga lho, meski ampasnya agak mengganggu..hehe

  2. indobrad said, on October 19, 2011 at 6:22 pm

    bikinnya mesti pake cinta kali kayak si Syarif #eh 😀

    • daengrusle said, on October 21, 2011 at 12:34 am

      Halah…hahahha.
      Btw banyak lho gadis2 manis ber abaya menikmati cappuccino nya Syarif juga…:p

  3. jarwadi said, on October 21, 2011 at 2:37 pm

    beneran nih, kopinya cukup pakai nescafe, jadi penasaran pengen ikutan nyoba 🙂

    • daengrusle said, on October 30, 2011 at 7:55 am

      beneran pake nescafe saja..
      kalau mau pake Kapal Api juga boleh, tp tanggung sendiri ampasnya…hehehe

  4. Mustamar Natsir said, on October 24, 2011 at 4:39 pm

    Sepertinya itu kapucino ala india, ya? 😀

    Beberapa hari lalu sy juga coba, tapi sy pakai lebih banyak susu cair, sekitar 2/3 gelas.

    Pertama, bikin kopinya dengan 1/3 gelas air panas. TIngkat kekentalan sesuai selera saja. Terus, susunya setelah panas langsung diblender. Kalau ada handmixer lebih bagus. Terus aja blender sekitar 5-10 menit sampai banyak busanya.
    Terus, tuang pelan2 susunya ke dalam kopi, busa susu masuk paling akhir, jadi akan terapung di atas kopi.

    Tambahkan gula sesuai selera. 😀

    Enak juga, meski rasanya jadi seperti susu-kopi. 😛

    • Mustamar Natsir said, on October 24, 2011 at 4:39 pm

      hayyahh… salah masukkan alamat website.

      • daengrusle said, on October 30, 2011 at 7:57 am

        hahahah….
        betul bahwa susu cair dan creamer nya itu lah yang menjadikan aroma capuccino. terutama ketika busa nya naik ke atas…
        tp jangan ditambahi gula banyak2 bos…:)

    • Mama Rani said, on October 25, 2011 at 5:31 pm

      Enak? Ahahaha, iya dong..buatannya siapa dulu ;p
      Tapi rasanya malah mirip susu ultra yang rasa mocha -__-”
      BTW, papa rani dalam rangka apa pake alamat websitenya mama rani?hehehe

      • daengrusle said, on October 30, 2011 at 7:57 am

        halah…
        ini sdh masuk ke urusan rumah tangga Rani sekeluarga…hehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: