…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Singkatkan Salam dengan “Ass” : Itu Bokongmu?

Posted in Indonesia, Renungan by daengrusle on June 26, 2011

Anda sering membuka diskusi dengan mengucap salam yang disingkat dengan “ass”? Meski mungkin sebahagian orang akan paham maksud baiknya, tapi sadarkah bahwa singkatan “ass” itu juga bermakna bokong/pantat dalam bahasa Inggris, dan beraroma sarkastik berupa umpatan?

 

Sedari dulu saya sering gusar dengan banyak pesan singkat via sms, BBM, YM, email atau bahkan surat yang membuka komunikasi dengan salam yang disingkat “ass”. Saya sepenuhnya memahami bahwa maksud si penyampai mungkin baik, mengucapkan salam yang berarti mendoakan keselamatan pihak di seberang pesan. “ass” adalah singkatan kolokial/prokem untuk assalaamu alaikum, dan biasanya disampaikan oleh anak gaul/anak muda yang mungkin kerepotan atau keberatan menulis panjang-panjang salam tersebut (aneh ya, berdoa kok kerepotan).

Acapkali menerima salam yang disingkat seperti itu, bayangan saya langsung membentuk bagian tubuh belakang manusia, seakan ia hendak mengatakan “Ini bokongku!” Naudzubillah.

Dengan tiga karakter singkat itu, space pesan bisa diluangkan lebih banyak untuk pesan inti, tanpa meninggalkan tata krama berkomunikasi. Dibanding menulis lebih lengkap “salam” atau “assalamu alaikum” atau “Assalaamu alaikum wr wb”, kelihatannya singkatan “ass” juga menunjukkan bahwa yang bersangkutan ‘menguasai” bahasa prokem/kolokial anak gaul jaman sekarang.

Namun apa daya, meski maksudnya baik tapi sejatinya singkatan “ass” itu bisa bermakna ganda, atau dalam struktur berbahasa dikenal sebagai kata yang ambigu. Bisa menimbulkan dua kesan yang berbeda, karena kata “ass” juga dikenal dalam bahasa inggris yang bermakna bokong/pantat. Kata “ass” ini bahkan sering kita dengar dalam film2 produksi Hollywood ketika si tokoh bermaksud mengumpat. Pernah dengar kata umpatan “ass-hole” atau “kick your ass” atau “ass-sucker”? itu hanya sebagian dari kata-kata jorok yang bisa dirangkai dari kata “ass”.

Saya khawatir bahwa ucapan salam yang disingkat dengan “ass” kemudian akan kehilangan makna spiritualnya, mungkin buat sebahagian orang hal ini remeh temeh. Tapi sesungguhnya kita berpeluang kehilangan pahala ketika menyampaikan hal yang baik tapi dengan cara yang berbeda. Sebahagian orang yang peduli dengan bahasa akan terganggu dengan singkatan tak senonoh ini.

Salam merupakan ucapan yang baik, bila disampaikan dengan baik pula. Bahkan dalam agama Islam, dan agama mana pun, mendoakan keselamatan orang lain adalah hal yang terpuji bahkan wajib. Menunjukkan bahwa ikatan emosional antar sesama, terangkai dengan baik dalam ucapan doa keselamatan tersebut.

Daripada anda menyingkat salam dengan “ass”, sebaiknya disingkat dengan yang lebih elok, mungkin butuh tambahan dua karakter menjadi “salam”. Toh itu masih terhitung singkat dan maksudnya akan tersampaikan dengan sendirinya tanpa ada ambiguitas dalam maknanya. Hal ini juga berlaku untuk singkatan “ass wr.wb” yang juga berkonotasi bokong. Lebih baik disingkat “salam” atau “assalamu alaikum”, itu jauh lebih dari cukup tanpa merepotkan anda.

So, mari kita sembunyikan bokong kita dari muka umum. Dan ganti dengan ucapan doa penuh Rahmat yang singkat tapi berpahala “SALAM”.

Advertisements
Tagged with:

13 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. kmonoarfa said, on June 26, 2011 at 7:20 am

    saya juga ndak suka kalo ada yang pake “ass” di pesan2 singkat 😦
    kesannya kayak berasa diejek.. *ternyata bukan cuma saya yang merasa begini* *halah*
    lebih bagusnya sih emang “salam”. lebih umum, dan lebih sopan 🙂

    • daengrusle said, on June 27, 2011 at 6:09 am

      hehehe, sebenarnya sudah lama saya pengen menulis ini, karena sering saya dapat yang beginian. Hanya baru kali ini ada waktu untuk menuliskan, itupun terpacu satu postingan di milis AM yg dimulai dengan singkatan “ass” ini…:D

  2. Adda said, on June 26, 2011 at 7:25 am

    Setuju daeng.. saya juga sering tergangu dengan penyingkatan kata Assalamualaikum dengan “ass” bahkan saya pernah menerimanya dari seseorang yang menurut saya ilmu agamanya sudah cukup bagus.kadang juga ada yang menyingkatnya menjadi “Aswabar” . Saya biasanya menuliskan “assalamualaikum” atau menggantinya dengan Hi,halo,dear,atau sebutan panggilan lain ketimbang menulis “ass”

    Thanks sudah berbagi

    • daengrusle said, on June 27, 2011 at 6:08 am

      iya, menyedihkan ya. tapi mungkin memang mereka ndak sadar.

  3. […] posting blog di sini. Anda sering membuka diskusi dengan mengucap salam yang disingkat dengan “ass”? Meski mungkin […]

  4. aRuL said, on June 27, 2011 at 6:13 pm

    saya selalu menegur orang2 yg menyapa saya dg kata “ass” perlu diingat, setidaknya ketika mereka diingatkan, mereka juga mengingatkan yg lain.
    Termasuk tulisan daeng ini, semoga orang2 yg sering menggunakan kata itu menggantinya dengan yg lebih sopan.

    • daengrusle said, on June 28, 2011 at 4:46 am

      iya, sama. saya juga seringkali menegur mereka. mungkin mereka memang tak tahu makna “ass” itu…:(

  5. unga said, on November 4, 2011 at 10:38 am

    baru tau ada blog ta yg ini..
    sa sering berkunjung ke blog lama jih (_ _”)

    • daengrusle said, on November 9, 2011 at 12:10 pm

      thanks sudah berkunjung Unga 🙂

  6. An said, on February 3, 2012 at 4:41 pm

    Allah SWT atau Muhammad SAW…tu khan juga singkatan…artinya juga lebih sakral lagi, bukan hanya doa…knapa gak diperdebatkan…
    Bahkan kitab bulugul marom ja “Solallahu alaihim wassalam”disingkat Sol’ahum…
    Kitab bulugul marom yang isinya arab, dan penjelasannya juga arab aja dsingkat…dan artinya juga 2 kali do’a dbanding salam…
    Jadi hal kecil kya gtu gak usah djdikn perdebatan yang berarti…klo mw dsingkat, dsingkat aja..yng penting jgn mengandung arti yg enggak2 mungkin klo ass boleh tuh dlarang soalnya artinya udh g enak,tp klo aslkum dll khn g da arti sma skali…toh Qta juga ngerti maksud dri singkatn tersebut…klo qt ngerti singkatan tu adalah doa, apalagi Allah..iy gak?
    Islam itu agama yg mudah, bukn mempersulit..

  7. irma said, on March 12, 2012 at 3:46 am

    assalamualikum 🙂
    justru dari hal kecil kita harus memperbaikinya
    Allah memang tau karena Dia Maha Sempurna
    tapi jika manusia yang tau artinya maka ia akan tersinggung
    apakah kita akan selalu menumpuk dosa
    naudzubillahimindzlaik
    waalaikumsalam

  8. umm Shofia said, on April 4, 2012 at 2:35 pm

    Na’am, sebagai muslim yg baik & beradab, JANGANLAH PELIT MENGETIK DOA DI SMS dgn lengkap. Toh tulisannya bisa disimpan di hp (draft/template), kl mo sms tinggal di insert saja doa tsb, jd gak ada alasan utk menyigkat doa lagi.. Barokallahu fiik.

  9. Heri pitian said, on August 9, 2016 at 12:50 pm

    Sesungguhnya semua itu berawal dari niat,jangan membuka aib sesama muslim..wallahualambishawab


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: