…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Catatan Tidak Penting Tentang Namaku Dalam Huruf Arab

Posted in Abu Dhabi by daengrusle on June 6, 2011

Bertahun-tahun saya menulis nama saya dalam tulisan arab dengan sederhana, seperti gambar di atas. Dengan deretan huruf arab محمد dan deretan huruf ر, س, ل, ي, ل dan varian  ع–ng yang saya pernah liat di salah satu terjemahan al-Qur’an terbitan Depag, RI.

 

Rupanya, setelah menjejak di Abu Dhabi ini, baru saya sadar ada kekeliruan dalam penulisan, paling tidak bahwa ada hurup yang kurang. Seperti terlihat di bawah ini.

 

Setelah huruf ر harus ada hurufو  dan setelah huruf ل yang terakhir, ada huruf  نdan ج

Huruf U yang di Indonesia kita biasa simbolkan dengan dhammah (،), ternyata di sini yang terbiasa tanpa tanda baca itu (huruf gundul), menggunakan hurufو  sebagai penunjuk huruf U.

Tagged with: ,

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. iPul dg.Gassing said, on June 6, 2011 at 9:59 am

    Hohoho..
    I see, I see..bagaimana dengan namaku ya..? 😀

  2. daengrusle said, on June 6, 2011 at 11:29 am

    ini namamu Ipul

    سيفلله دينج غسنج

  3. eko ikhyar said, on June 8, 2011 at 10:09 am

    Waww… Saya hanya bisa baca, Dan blum bisa merangkai huruf2 hijaiyah itu, apa lagi tulisan Arab, ternyata kaidah penulisan Arab harus tau makna penempatan dulu yah? Hehe blum ngerti 🙂

    • rusle said, on June 8, 2011 at 11:22 am

      eko, tumben nulis komentar sesuai EYD…hehehe

  4. Alris said, on June 9, 2011 at 2:22 pm

    Kalo nulis nama saya dalam bahasa Arab gimana ya? Belum pernah sih nulis sih, karena gak pernah belajar bahasa Arab.

  5. Alris said, on June 9, 2011 at 2:25 pm

    Kalo nulis nama saya dalam bahasa Arab gimana ya? Belum pernah nulis sih, karena gak pernah belajar bahasa Arab.


Leave a Reply

