…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Kembali ke Rumah Diana

Posted in Kenangan, Renungan by daengrusle on May 28, 2011

Subuh menjelang pagi dan jarum jam menunjukkan angka 5 lebih beberapa menit di tanggal 12 Februari 2008, berjarak tiga tahun lebih beberapa bulan dari hari ini. Saya masih ingat mengusap terakhir kali kaki Diana yang kaku di atas pembaringannya.

Wajahnya yang putih terlihat pucat, sementara tim dokter masih berusaha memberi bantuan pemicu jantung karena tidak ada deteksi detak jantung di dada Diana.

Suster yang memanggil saya yang tertidur di ruang tunggu, berusaha menenangkan saya yang pagi itu kebingungan. “Sabar dan diikhlaskan ya pak” nasehatnya.

Saya tak begitu peduli ucapan suster, perhatian saya hanya pada tubuh kurus yang menjalani 3 minggu terakhir di ruang ICU RS Melia itu. Tubuh itu tubuh kakak saya tercinta, dokter Rusdiana, yang pagi itu berumur 36tahun lebih 3 bulan.

Bibir saya agak kelu, tapi juga merapal doa dan ucapan perpisahan untuk jiwanya, yang saya yakin saat itu masih berada di sekitar jasadnya yg putih kaku.

Saya sedikti-sedikit coba menatap tajam mata yang belum terpejam itu, sambil menyapa dalam hati..

“seperti apakah rasanya sakaratul maut, ya kakandaku tercinta? semoga dikau melaluinya dengan tentram, buah kesabaranmu menghadapi deraan sakit sejak belasan tahun silam…”

Kenangan di pagi itu, masih melekat kuat hingga hari ini saya berkunjung lagi ke rumah terakhir Diana di Cikuda, Bogor, mengiringi tangis ibunda saya yang hari ini juga berkunjung.

Allah SWT berjanji bahwa kita akan dikumpulkan bersama orang2 yang kita cintai. Saya berharap nanti dikumpulkan lagi bersama Diana dan imam suci ahlulbayt AS, menjumpai Rasulullah SAWW di telaga al-kautsar kelak. Amin.

Tagged with: , ,

Leave a Reply

