…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Sinriliq Datu Museng – Maipa Deapati (2)

Posted in Indonesia, Kenangan, Sulawesi Selatan by daengrusle on May 25, 2011

Begitu kuatnya cerita sinriliq Datu Museng – Maipa Deapati di benak orang Makassar, hingga kemudian nama kedua tokoh tersebut diabadikan sebagai nama jalan di kota Makassar; Jalan Datu Museng dan Jalan Maipa Deapati. Kedua jalan itu berdekat-dekatan seakan-akan bahkan pemerintah kota pun merestui hubungan mereka.

Di ujung barat jalan Datu Museng, terdapat situs makam dengan dua nisan kayu berdiri bersanding kukuh, mengkilap kehitaman, konon itulah makam kedua pasangan cinta abadi tersebut; Datu Museng dan kekasihnya Maipa Deapati.

Menurut sinriliq Datu Museng, cinta keduanya memang bersatu, namun berakhir tragis. Bahkan Maipa Deapati menyerahkan sukarela nyawanya untuk ditikam oleh badik Matatarampanna milik Datu Museng sendiri. Versi yang lain mengabarkan bahwa nyawa Maipa Deapati meregang tertembus peluru Belanda saat melindungi sang kekasih Datu Museng.

Namun, saya lebih memilih versi pertama yang merupakan saduran dari transliterasi sinriliq aslinya yang ditulis dalam buku Makassaarsche Chrestomathie oleh Dr BF Matthes tahun 1860, bahwa Maipa Deapati tewas ditikam oleh Datu Museng sendiri dikarenakan tak mau dirinya diserahkan ke musuh mereka; Tu Malompoa Belanda dan I Calla, yang keduanya jatuh hati secara bersamaan kepada Maipa Deapati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: