…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Luna Maya Pernah Menikah? SHIT!

Posted in Renungan by daengrusle on June 30, 2010

Ada satu kolom iklan kecil muncul di sisi laman faecebook saya berjudul sama dengan diatas, ketika meng-klik nya maka kita akan di-direct ke laman artikel sebuah portal berita yang memberitakan soal ‘gossip’ itu. Selain itu tautan berita itu juga menghantar kita ke berita-berita lainnya dengan judul yang mirip-mirip; Ariel Rajin Sholat, Luna Maya Jenguk Ariel, FPI berdemo agar Luna ditangkap, dan sebagainya. Di portal berita lainnya, kurang lebih sama saja isinya; seputar Luna Maya, Ariel dan Cut Tari; bagaimana mereka menjadi pesakitan atas sebuah video pribadi yang kemudian tersebar ke seluruh ruang akses masyarakat.

Kini hampir semua ruang publik kita dipenuhi oleh berita-berita yang seakan-akan penting itu; ruang baca kita; majalah, internet, koran, ruang dengar; radio, ruang pandang; TV, hingga masuk ke mimbar-mimbar mesjid, gereja (mungkin) dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan saya, seberapa penting sih berita itu untuk kita? Apa sih kaitannya antara berita Luna Maya menjenguk Ariel di tahanan dengan bagaimana saya bisa memenuhi hajat hidup saban hari, apa kaitannya antara Ariel rajin sholat dengan jumlah anak-anak jalanan yang mungkin tak pernah punya waktu luang untuk beribadah, apa pentingnya semua itu?

Untuk sehari dua hari, ketika mungkin dimensi moralitas kita sebagai sebuah bangsa yang beretika dan beragama, bocornya video mesum itu seperti mengguncang perasaan kita. Meski diantara kita tahu bagaimana kehidupan ‘bebas’ yang dianut oleh ‘sebagian’ selebritas kita, tapi tak pelak keteledoran Ariel dan pasangan2nya itu membuat kita kembali mempertanyakan aspek moralitas publik figure kita. Justru karena mereka adalah panutan sebahagian remaja Indonesia. Tapi ketika berita2 ini kemudian merangsek masuk dan berdiam lama nyaris lebih dari empat pekan sejak awal membuat muak rasanya. Tidak adakah berita lain yang lebih penting untuk direnungkan?

Bukankah saat ini ada ajang pesta piala dunia yang mempertontonkan keahlian mengocek bola dari negara-negara manca negara. Bukankah juga ada berita miris soal salah satu daerah satelit ibukota yang hendak menjadi kota syariah – atas desakan salah satu ormas agama?

Sudahlah, Luna Maya pernah menikah atau tidak itu urusan dia pribadi. Ariel Peterporn mau menjadi rajin sholat atau tidak ya kita maklumi saja. Cut Tari mau ngaku atau tidak yang jelas kita semua sudah berhalusinasi tentang dia di atas ranjang. Sudahlah, sudahi semuanya. Mari fokus ke Piala Dunia, dimana Argentina, atau Jerman, atau Brazil, atau Belanda yang lagi berjuang meniti puncak perhelatan sepakbola sejagad, sambil berharap suatu saat nanti Indonesia akan kembali mentas setelah pertamakali tampil tahun 1938.

Vamos Argentina!
En Unión y Libertad

Advertisements
Tagged with:

17 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sri said, on June 30, 2010 at 2:43 pm

    hehe…kirain mo beri opini pencerahan tentang luna maya pak ternyata ujung2nya bola. Btw tetep argentina ? atau selingkuh ke jerman nih pak hehe

  2. wongkamfung said, on July 1, 2010 at 7:42 am

    cerita seputar selangkangan memang menarik banyak orang kang daeng.
    mau digimanain lagi 😉 saya sendiri sih sudah punya selangkangan sendiri hehehe…
    salam persahablogan

  3. Paccarita said, on July 1, 2010 at 8:16 am

    Terima kasih telah ikut meramaikan Entry Tematik Juni 2010. Pemilihan tulisan favorit akan dilakukan pada awal bulan Juli 2010. Tunggu info selanjutnya.

    Salam,
    Paccarita AngingMammiri.org

  4. dinnasabriani said, on July 1, 2010 at 10:03 am

    saya BRAZIL 😀

  5. Miftahgeek said, on July 1, 2010 at 5:20 pm

    Nggak usah mikirin hal yang nggak perlu dipikirin y kang 😀

  6. Paccarita said, on July 2, 2010 at 8:28 am

    Polling untuk pemilihan Entry Tematik Favorit Edisi Juni 2010 dengan tema Sepak Bola sudah dibuka.

    Ayo pilih tulisan favoritmu. Silahkan berkampanye!

    Salam,
    Pangurusu’na Entry Tematik

  7. unggulcenter said, on July 2, 2010 at 10:11 am

    Hahaha daeng, separuh tentang Ariel separuh tentang Piala Dunia..

    Luna maya pernah married atau tidak ya terserah dia.

    Mo pilih Argentina atau tidak terserah juga.. hehe..

    Argentina sepertinya diatas angin.. saya pilih argentina untuk didukung, karena jalan tim-tim lain terseok-seok ga jelas dan hampir-hampir, malah, memalukan.

    Sekalian pengen liat aksi peluk ciumnya Om Maradona hehe..

  8. enengocha said, on July 7, 2010 at 4:21 am

    everyone has their own life 😀 masing-masing pasti punya sisi gelap

  9. beccelawo said, on July 9, 2010 at 6:45 am

    salam kenal deng rusle..
    sikampongki…saya di padaelo, jalan poros tampangeng-tosora

    untuk piala dunia, dari dulu sampai sekarang fans setianya Tim Panser Jerman…meskipun sudah kalah di semi final lawan spanyol…Bravo tim panser.

  10. asepsaiba said, on July 23, 2010 at 1:05 pm

    La tak berunjung.. liat tulisan terakhir tentang si mesum itu.. basi ya Daeng… sama basinya demgan tim Jagoan saya, Inggris yang pulang kapung lebih cepet… 😦

  11. asepsaiba said, on July 23, 2010 at 1:06 pm

    Lama tak berunjung.. liat tulisan terakhir tentang si mesum itu.. basi ya Daeng… sama basinya demgan tim Jagoan saya, Inggris yang pulang kapung lebih cepet… 😦

  12. echa said, on August 1, 2010 at 3:45 pm

    tenang daeng yang menang tetep spanyol 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: