…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

PestaBlogger2008: Garing sih …..

Posted in Kenangan by daengrusle on November 25, 2008

22112008109.jpg

Pesta Blogger 2008

kemaren adalah ‘pesta’ pertama yang saya ikuti. Pesta tahun lalu saya gak bisa hadir berhubung keterbatasan geografis (dan finansial), karena waktu itu masih menetap di Balikpapan. Nah, tahun ini saya punya kesempatan dan waktu untuk menghadiri pesta ke-dua ini yang dilaksanakan di Auditorium BPPT Sudirman.

 

Setelah janjian dan saling nunggu dgn rekan2 dari Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri di Sarinah Thamrin, n sempat nyarap dulu di salah satu fast food sono. Kami kemudian japruts (baca; jalan kaki) menuju BPPT; Rara, pak RT, Anto, Teeza, Chaliq, Fadhlan(?), pak Khalid Mustafa, adeknya pak Khalid, Irwinday. Bapak Kepala Genk: Hasanuddint rupanya sudah berada di TKP, dan estimasi kami meleset, kami yang lebih telat.

Tiba di TKP, rupanya sudah ramai orang2 pada antri untuk ngedaftar. Di pintu nya sudah banyak blogger2 yang nampang, foto2, atau nyebar quesioner buat doorprize.Saya gak perlu daftar lagi, soale termasuk perwakilan dari AngingMammiri yang kebetulan dapat green card lima blogger untuk jadi wakil resmi. Di pintu masuk ketemu blogger2 terkenal; Enda Nasution, Budi Putra, dan Daeng Battala. Di situ juga kemudian bergabung Bapak Kepala Genk, Hasanuddin yang ikhlas menunggu dan membagikan goddie bag gretongan kami, ada juga Mamie dan temennya, ada Daeng Marowa, Daeng Sukri, Daeng Ngitung. Sempat anak-anak AM-ers ini bernarsis ria dengan para seleblog he2.

with-enda-dan-arul.JPG

mamie, saya, enda, amriltg, eko, arul

Di pintu masuk saya juga sempet ketemu Andrian, yang tempo hari menyelenggarakan IBC2007 (Inspired Blog Competition), kebetulan beberapa tulisan saya lolos di ajang itu. Rencananya kumpulan postingan yang katanya menginspirasi itu akan diterbitkan dalam bentuk buku, dan kebetulan tulisan saya yang bertajuk “Menulislah dan Anda Abadi” ditaruh sebagai halaman pembuka, pengantar buku itu. Nah, saya sempat menanyakan status penerbitan buku itu yang dijawab Ardian bahwa buku nya terkendala soal penerbit. Belum ada penerbit yang cocok untuk dijadikan kendaraan. Saya bilang, bukannya sekarang banyak tuh penerbit yang gampang menerbitkan buku semacam Grasindo dan lainnya, sebagaimana yang AM lakukan sebelumnya, Apalagi jenis buku nya lumayan bagus: Inspired Blog! Tapi anyway, saya sempet diberikan e-book atau draft buku tersebut. Bangganya!Setelah merasa capai di pintu masuk, kami kemudian memutuskan masuk saja ke hall nya. Anak-anak AM-ers memilih untuk menempati balkon yang memang tidak begitu penuh. Sorak-sorai temen2 AM-er kelihatannya paling gemuruh, manakala MC (Panji) atau ketua panitia Ndorokakung menyebut komunitas AM atau ketika mengundang wakil AM menjadi panelis diskusi: Daeng Battala. Ha2, dasar udik…hehe, udik tapi keren boss…

 

22112008110.jpg

Sebenarnya jalannya acara awal di hall terkesan garing, kurang greget dan membosankan. Banyak peserta yang kemudian tidak begitu fokus mengarahkan perhatiannya ke panggung yang notabene diisi oleh orang2 yang berkompeten di bidangnya. Tapi karena flow dan diskusi dikemas kurang menarik ya jadinya bikin peserta terkesan bosen. Tapi ada juga acara yang cukup meriah dan menarik atensi semua peserta pesta, yakni penganugerahan penghargaan komunitas. Most Promising (atau Promoting?) Community jatuh ke Bali Blogger Community yang waktu itu perwakilannya hanya tiga orang. Di bidang lain ada penganugerahan Blogging for Society Award yang jatuh ke Komunitas Blogger Yogya: Cah Andong. Hadiahnya berupa uang pembinaan 10 juta rupiah dari Oxfam, piagam, seperangkat komputer dari HP.

 

berempat.JPG

anto, dg ngitung, me, daeng rhiry

Apa ya kriteria penganugerahan penghargaan komunitas itu? Terutama yang jenis Blogging for Society Award. Kalau ukurannya adalah intensitas aktivitas komunitas dalam melakukan event, termasuk event amal dan edu-social activity kelihatannya AngingMammiri adalah yang paling aktif. Tapi anyway, tidak apa-apa. Mungkin ada kriteria tertentu yang sangat special sampai CahAndong yang katanya lebih banyak kumpul2 senang2 dan makan2 itu bisa memenangkan award ini.

 

Beberapa gossip berhembus kalo ada muatan “conflict of interest” dalam penganugerahan ini, tapi be positive thinking aja. Untuk ke depannya, menurut usul daeng Arul, mestinya PB ini diselenggarakan oleh komunitas blogger daerah saja biar kesannya lebih meng-Indonesia tanpa menghilangkan identitas lokal yang lagi marak! Tp buat saya, pestablogger mesti emang meriah untuk semua, bukan untuk salah satu komunitas saja!

Ada juga acara live event musik yang keren banget yang dibawakan oleh group band yang kebetulan sedang mengadakan promo album amal untuk penderita tuna netra. Saya sempat membeli CD nya, lumayan keren..

band-utk-tunanetra.JPG

 band indie yg show amal utk penderita tunanetra- jualan CD musikalisasi puisi

Break Out Session: Keren

Nah, setelah acara Hall yang berlangsung dari jam 10.00 sampai jam 12.00, kemudian dilakukan acara Break Out Session. Acara yang diselenggarakan setelah makan siang ini dibagi-bagi menjadi beberapa sesi menurut minat atau tema yang mungkin menarik buat para Blogger.

 

Nah, di sesi ini saya memilih Photoblogger! bareng temen2 lain: Antok, Daeng Ngitung (yang sempet ngasih pelajaran praktis soal motret pake DSLR), dan daeng Sukri. Great one, kebetulan di samping kami ada juga Mas Doy asal Pontianak, yang rupanya adalah penekun dunia photograper juga. Doy sempet men-share beberapa foto hasil bidikan dan kreasi nya melalui PS.

Sebenarnya di awal kurang greget karena terkesan hanya jadi ajang jualan produk Ca**n doang, dan memang kelihatannya kurang mendapat atensi peserta kecuali pembicaranya saja he2. Tapi rupanya hanya berlangsung singkat, sesi selanjutnya adalah pemaparan cara dan teknik fotografi oleh tiga fotografer kawakan: Jerry Aurum, Kristupa Saragih – pendiri dan admin FN fotografer.net, dan Oscar – kurator foto. Luar biasa! Sesi ini yang bikin saya gak nyesel ikut berpesta, he2. Kebetulan juga si Kristupa ini masih temen sekampus saya dulu di jurusan geologi UGM, yang rupanya masih inget juga sama saya. Di akhir acara saya sempet berfoto2 bareng Kristupa dan Oscar. Setelah acara break out session ini, saya pulang. Saya gak ikut acara penarikan door prize (emang ada?), secara kesan pertama di acara Hall sudah tidak begitu menarik.

oscar-me-and-kristupa.JPG

oscar, me, kristupa

Nyasar di Kopdar Blogor

Di perjalanan pulang, saya menumpang bus dari Komdak ke Cibinong. Sebelum tiba di terminal Cibinong, saya memilih turun di deretan kios handphone sekitar 500 meter dari terminal Cibinong. Tak dinyana saya lewat di depan Warung Mie Janda, yang rasa2nya sering denger, baca dan lihat di milis Blogor – Bogor Blogger Community. Wah, rupanya bener, dan kebetulan sedang ada acara kopdar mereka disana. Saya kemudian diundang masuk dan makan mie gratis, enak tenan. Dua gretongan dalam sehari! Saya menyempatkan mengikuti rapat Blogor utnuk membahas salah satu undangan berpartisipasi di ajang sosialisasi “Masyarakat Gemar Makan Ikan dan Fishery Club”. He2, what a great coincident.

 

blogor.JPG

Dalam sehari, saya menghadiri tiga kopdar sekaligus: Kopdar Angingmammiri, PestaBlogger2008 dan Kopdar Blogor! Great!

 

Di perjalanan menuju pesta, ada momen yg sempet saya jepret. Seorang bocah pengemis yg lelap diemper jembatan sudirman. Ia tentu tak sedang bermimpi untuk ikut ke pestablogger kan?

tak-ikut-pesta.JPG

foto lain:

 

aku-sendiri.JPG

anrtok.JPG anto

with-adit.JPG with radithya-kambingjantan

with-farhan.JPG with AM-ers + Farhan

rara-bu-rt-am.JPG Rara, bu RT AM

rara-hasant-piwing-dm.JPG Rara, Hasant, Piwing, DM, Farhan

kekasih-ndy.JPG PilkaNdy Goes to Him!

selesai!

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bahtiar Baihaqi said, on April 19, 2009 at 5:15 am

    Ups, sori, OOT.
    Daeng, itu yang pas foto bareng2 enda, kok yang mamie (mami-lily.com) link-nya ngaco isinya. Itu kelihatan dari snapshoot. Serem itu, kasihan ma mamie-nya. Mending di-off-line-kan aja klog gak bisa diubah.


Leave a Reply

