…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Ramadhan: Hormati yang tak puasa

Posted in Kenangan by daengrusle on September 6, 2008

menikmati.JPGJangan manja, kalau hendak menjadi manusia yang tangguh dan mandiri. Ibarat pelaut, yang terulung adalah yang lahir bukan dari laut yang tenang tanpa gelombang. Pelaut yang ulung lahir dari tempaan alam yang keras, dan tak dimanja oleh fasilitas.

Di masa berpuasa, Umat Islam di beberapa tempat seperti bertambah sensitifitasnya. Beberapa diantaranya meminta perlakuan istimewa, kalau tidak hendak dikatakan hendak diperhatikan kebutuhannya. Saat berpuasa, gerai-gerai makanan diminta untuk ditutup, musik hingar bingar dihentikan, berbagai tempat olahraga ketangkasan disuspend.

Warung makan di siang hari kenapa mesti ditutup? Bukankah ada juga umat lain yang tidak berpuasa dan dengan demikian mesti dipenuhi hajat hidupnya. Karyawan restoran dan warung itu juga sebahagian besar diantaranya adalah saudara kita sesame Muslim yang butuh nafkah untuk anak istrinya. Apakah pajangan makanan dan minuman di gerai-gerai makan itu bisa mengurangi pahala puasa kita, ataukah bisa membuat kekhusyu’an kita berpuasa berkurang? Saya yakin tidak. Hanya orang-orang yang lemah iman yang akan tergiur. Sedangkan puasa hanya diperuntukkan khusus bagi umat Islam yang berkategori beriman.

Sedangkan untuk klub malam, olahraga ketangkasan yang biasa buka di malam hari, sebaiknya tidak perlu dilarang total. Tapi hanya diperuntukkan bagi kegiatan yang mesum saja dan tidak perlu menunggu Ramadhan untuk diberangus.

So, mari kita membalik paradigma. Hormati orang yang tidak berpuasa! Dengan demikian pahala puasa Anda makin bertambah. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: