…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Tiga Catatan Sebelum Lupa: Perjalanan

Posted in Kenangan by daengrusle on May 26, 2008

Perjalanan: Refreshing Kepenatan. Bepergian atau istilah kerennya traveling adalah aktifitas menyenangkan yang bisa merenggangkan kekolotan, atau kejumudan diri karena sudah terlalu lama terpaku di tempat berdiri. Sesekali bepergian akan membuka wawasan, bukan saja mata yang terhibur dengan hal-hal baru, tapi juga isi kepala menjadi lebih banyak dan dengan demikian hati pun makin mendi lebar, merekah dan memaklumi keberagaman alam manusia. Orang kolot umumnya jarang atau bahkan tidak pernah bepergian (minimal virtual traveling – lewat browsing internet), dan ini yang membahayakan. Bahaya karena kebijaksanaan seseorang berbanding lurus dengan intensitas persentuhan fisik dan akali mereka dengan dunia luar. Makin jarang mereka bersentuhan dengan dunia luar, maka makin jumud lah pikirannya. Kejumudan pemikiran bukan saja mengerikan buat masyrakat yang heterogen, tapi juga bisa mematikan dinamika sejarah! Busyet.

Temasek: First Abroad. Sebelum 14 Februari 2008, saya masih menganggap diri saya orang udik. Persoalannya sederhana saja. Banyak diantara teman-teman saya, juga kakak saya, sudah pada punya passport dan tentu saja cap imigrasi manca negara itu menjadi souvenir abadi di buku kecil mereka. Bahkan om, tante, sepupu dan ayah ibu saya pun sudah pernah menjejak kaki di luar Indonesia, ber-format ibadah suci. Saya, dengan umur yang sudah kepala tiga, belum sekalipun men’cicipi’ yang namanya bepergian ke luar negeri. He2. Perjalanan terjauh saya hanya sampai ke Bukittinggi saja.

Leave a Reply

