…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

a piece from the past

Posted in Kenangan by daengrusle on May 25, 2007

TaDI iseng2 buka webiste lama yang di homestead

dapat tulisan ini, dulu di buat di kantornya Alfian hamzah di http://www.indonesiamu.com, waktu jaman2 nya baru gawe di Tripatra, baru lulus MM….masih jomblo…masih bebas kemana-mana, masih kost, masih dan sampai sekarang NARSIS Mode On!

KISAHKU

Aku dilahirkan pada tanggal 3 Maret 1976 hari Rabu Pahing di desa Sempangnge, sebuah desa persimpangan yang menghubungkan 3 kabupaten di Sulawesi Selatan ; Kabupaten Wajo, Sidrap, dan Luwu. Desa ini juga merupakan tepian dari danau yang terkenal di sana ; Danau Tempe. Namun, sejak dilahirkan aku langsung diboyong oleh orang tuaku ke ibukota propinsi; Makassar. Disana aku menghabiskan sebahagian besar masa kanak-kanak dan remajaku, sejak SD sampai SMA.

Aku tidak melalui tahap TK sebagaimana umumnya anak-anak, aku langsung didaftarkan di SD Negeri Inpres Pannampu I Makassar…..disekolah ini aku berhasil mencatat beberapa prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Aku banyak mendapatkan hadiah dari lomba lukis yang kuikuti bersama saudaraku yang lain, di akhir masa SD-ku aku berhasil mencapai juara I Umum.

Setamat dari SD tersebut, aku berhasil memasuki SMP Favorit di kota Makassar yakni SMP Negeri 5 Makassar, di akhir masa sekolahku disini, aku berhasil mencapai peringkat 3 Umum, dengan NEM tertinggi ke-3 se Indonesia Timur (NEM : 54,88 untuk 6 Mata pelajaran). Setelah itu aku memasuki SMA Negeri 1 Makassar. Disini aku banyak menemukan pengetahuan yang nantinya akan mempengaruhi sebhagian besar dari hidupku….

Di SMANSA Makassar, terkhusus di Mushalla Darul Ulum, aku mulai mengembangkan diri dalam arti yang lebih luas. Baik dari segi spiritual, intelektual, maupun dalam menata jalur-jalur anthropologis dan social dengan lingkunag sekitar. Disini terdapat banyak variasi hidup yang kemudian kuanggap memperkaya wawasan keberagaman dalam kepalaku.
Pada dataran tertentu, pengembaraan spiritual mulai mendapatkan gambaran utuh pada saat bersentuhan dengan berbagai warna keislaman yang kemudian akan mempengaruhi pola pikirku. Disini juga kemudian terbentuk komunitas permanent yang dibentuk berdasarkan kesamaan ideology akan suatu pernik permasalahan hidup. Di SMANSA kami kemudian membentuk komunitas S-15 Makassar yang semoga akan menjadi cikal bakal pencerahan kami dimasa depan.

Sejak tahun 1994, setelah lulus SMA, saya ‘mencoba’ untuk mengadu untung di Yogyakarta. Kebetulan kakak saya waktu itu kuliah di Institut Seni Indonesia. Saya kemudian mencoba untuk memilih UGM lewat jalur UMPTN. Alhamdulillah saya lulus di pilihan 1 di jurusan Geologi Teknik, UGM. Namun setahun kemudian saya mencoba ‘peruntungan’ lagi dengan megikuti UMPTN untuk memilih ITB, the most popular university in Indonesia. Thanks to God,.saya lulus di jurusan Teknik Sipil ITB. Saya menempuh pendidikan di ITB selama 4 tahun sampai tahun 1999 saya lulus di bulan Oktober. Setelah itu saya mencoba untuk melamar pekerjaan sambil melihat peluang untuk sekolah lagi. namun akhrinya aku masuk Program Magister Manajemen Wijawiyata Manajemen PPM Jakarta, konsentrasi Manajemen Keuangan, tahun 2000 sampai 2001.

Sekarang saya sedang bekerja sebagai konsultan untuk PT. Perusahaan Gas Negara (PGN)

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. deen said, on May 26, 2007 at 3:13 pm

    hehehe, mungkin tulisan ini mi yg qt kasi ke Mamany Mahdi waktu kenalan, sebelum merit :D, Sebuah Biodata..;;). Iya yah Daeng?..ngaku hayoo ngaku..

  2. rusle said, on May 28, 2007 at 9:19 am

    deen
    mamanya Mahdi ndak tahu ‘prestasi’ku…dia tahunya kalo saya jadi jodohnya pas hari pernikahan saja…hhahaha…


Leave a Reply

