…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Korban Plagiat Situs KabarIndonesia

Posted in Renungan by daengrusle on May 11, 2007

Kemaren, iseng-iseng mencari situs Tribun Kaltim yang memuat tulisan opini saya ttg peringatan Hari Palang Merah Sedunia yang dimuat secara berseri tgl 10-11 Mei 2007 di harian lokal itu dan juga saya muat di blog ini (Henry Dunant dan Sensitifitas Kita), saya malah menemukan situs lain yang juga memuatnya, Kabar Indonesia, sebuah situs reportase warga (citizen journalism) yang dikelola dari Belanda.

Di situs itu, tulisannya diberi Tajuk: Renungan Peringatan Hari Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional ke-144, 8 Mei 2007. Awalnya sih bangga karena mungkin akan men share opini saya itu ke khalayak pembacanya, tapi demi melihat bahwa tulisan ini diakui sebagai tulisan Bambang Eko Nugrahanto, serta merta saya kaget plus tersinggung. Perasaan saya, gak pernah tuh menyamarkan nama saya sebagai nama begitu, kalo emang saya mau ganti nama mesti ngadain kenduri pake 2 kambing jantan bulu item tuh. Tapi ini sama sekali ndak pernah euy.

So, demi mengamati bahwa isi tulisan saya itu 99% di copy paste tanpa konfirmasi apalagi mencantumkan sumber jiplakan, saya menyimpulkan bahwa telah terjadi tindakan pelanggaran hak cipta atas tulisan saya di blog. PLAGIAT! Sesuatu yang menjadi barang haram bagi para penulis dan kreator lainnya. Apalagi saat saya menelusuri peraturan 10 Dasa Titah Bagi Penulis untuk menjadi penulis Kabar Indonesia, disitu jelas disebutin kalo Para penulis tidak boleh melakukan tindakan plagiat. Bahwa semua penulis diharuskan untuk memastikan bahwa tulisan yang dikirim bukannya Plagiarisme dan juga tidak melanggar Undang-Undang Hak Cipta yang berlaku di Indonesia maupun Internasional.

Sehubungan dengan saudara yg bernama Bambang Eko Nugrahanto ini, saya coba telusuri profilnya dengan bantuan Om Google, ruapanya oleh Kabar Indonesia pernah dianugerahi gelar sebagai Pemenang ke-2 Lomba Menulis Profil dengan tulisan Aluna Sagita Gutawa. Kasus ini juga menjadi topik diskusi di Blogfam, Oleh seorang teman di blogfam, rupanya tulisan ini juga hasil JIPLAKAN dari situs Sony BMG dgn tajuk Gita Gutawa. Masya Allah, apa si Bambang ini pernah sekolah apa ya? Apa pernah diajarin tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual ya? Kok senang nya menjiplak ya?

Beberapa rekan di Blogger Family, Milis Blogger Makassar, milis Panyingkul, dan yang lain telah melayangkan protes ke Kabar Indonesia dengan mengisi komentar atas tulisan hasil Jiplakan itu. Namun kelihatannya, moderator Kabar Indonesia mulai mem-blok komentar yang masuk. But anyway, thanks teman utk supportnya! Keep writing!

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dhika said, on May 11, 2007 at 9:12 pm

    keep writing mah tetep, kalo ada yg plagiat malah kudu lebih semangat; jadi ada bahan buat ngeblog ama perasaan ingin ‘ngebantai’ jadi berkobar sejadinya 😉
    btw, plagiator tersebut parah juga ya, mod kabarindonesia juga kok gak terlalu aware.

  2. daengbaco said, on May 12, 2007 at 10:56 am

    tetap semangat daeng, plagiat mesti di basmi, wah.. situs kabar indonesia gimana nih, kayaknya kurang selektif ya mereka, tadi say buka situsnya udah diahapus tuh, seharusnya mereka minta maaf sama daeng ya.

  3. Luthfi said, on May 13, 2007 at 4:20 am

    wah
    berarti tulisan ente bermutu tuh …

  4. lia said, on May 13, 2007 at 5:36 pm

    wahh, situs sekaliber kabar Indonesia kok bisa kecolongan dua kali seeh. Mestinya kalo dah ada protes tulisan pertama yyang disinyalir jiplakan, yang kedua mesti dah harus hati2 tuh ma penulis yang sama. Sebelum memasukkan tulisannya harus diliat lebih teliti. ironis juga tuh kalau kabar indonesia tidak memecat atau paling tidak tak lagi memuat tulisan-tulisan Bambang. Kalau tetep kan bakal dianggap setali tiga uang ma penulisnya.
    Tapi tetep semangat nulis bang…

  5. Roy said, on May 14, 2007 at 10:10 am

    Redaksi kabar indonesia sudah kasih comment tuh.
    Lihat disini :
    http://noertika.wordpress.com/2007/05/08/henry-dunant-dan-sensitifitas-kita/

  6. Fany said, on May 14, 2007 at 11:33 pm

    wah apa lagi musim penjiplakan sih?
    yg dijiplak karya2 blogger pula..

  7. kasman said, on May 15, 2007 at 5:47 am

    sebuah kisah yang memalukan dan memilukan dunia kepenulisan Indonesia

  8. Agam said, on May 15, 2007 at 6:26 am

    kebangeten tuh orang. Menang gara2 plagiat. Gak punya malu!!!
    btw, Bambang Eko Nugrahanto punya blog ato email gak? dihubungi aja kalo misalnya ada.

  9. de said, on May 16, 2007 at 4:59 pm

    tulisan de gak bagus untuk di copy paste

    tp knapa foto keluarga de yang jadi korban? hiksss sedih

    bisa diliat disini: http://mama.masrafa.com/archives/2007/05/tambah_ngetop.html

  10. rusle said, on May 18, 2007 at 4:26 pm

    kutipan email dari redaksi Kabar Indonesia dan email dari Bambang Eko N

    ====

    ——————————————————————————–
    From: Redaksi KabarIndonesia [mailto:redaksi@kabarindonesia.com]
    Sent: Friday, May 18, 2007 12:12 AM
    To: Muhammad Ruslailang Noertika
    Subject: FW: Penjelasan Artikel “Renungan Peringatan Hari Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional ke-144 (1863- 2007)”

    Yth Sdr. Muhammad Ruslailang Noertika (Daeng Rusle),

    Bersama ini kami kirimkan tanggapan dari Sdr. Bambang Eko N. yang diterima oleh kami.

    Dalam kesempatan ini juga kami dari Dewan Redaksi KabarIndonesia MOHON MAAF yang sebesar-besarnya atas kekurangan kami yang tidak dapat memeriksa keaslian dari setiap artikel yang dikirimkan untuk ditayangkan di http://www.kabarindonesia.com

    Hormat kami,
    Redaksi KabarIndonesia

    —–Oorspronkelijk bericht—–
    Van: Bambang Eko Nugrahanto
    Onderwerp: Penjelasan Artikel “Renungan Peringatan Hari Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional ke-144 (1863- 2007)”

    Depok, 12 Mei 2007

    Kepada Yth;
    Redaksi KabarIndonesia
    di
    tempat

    Sebelumnya, saya ingin menyampaikan penjelasan atas pemuatan artikel oleh pihak redaksi yang berjudul ” Renungan Peringatan Hari Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional ke-144 (1863-2007)”, yang memang artikel tersebut, adalah hak dan karya tulis Sdr. Muhammad Ruslailang Noertika dari Makassar yang pernah dimuat oleh yang bersangkutan lewat postingannya di salah satu milis : Forum Pembaca Kompas [Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com] tanggal 7 Mei 2007; 3:57pm.

    Terus terang, di saat awal saya membaca artikel tersebut, saya sangat tertarik dengan isi tulisannya. Tapi ada beberapa hal yang agak janggal terdapat pada isi tulisan Sdr. Muhammad Rusli. Saya pun bermaksud ingin memberikan revisi atas artikelnya tersebut. Akibat tergesa-gesa, saya tidak menyadari kalau artikel tambahan tersebut malah tak ter- copy & paste secara benar dan lengkap di artikel yang saya kirimkan. Malah akhirnya, yang muncul adalah tulisan Bung Muhammad Rusli, tanpa adanya artikel tambahan dari saya.

    Dan saat saya akan mengedit ulang artikel untuk pengecekan tersebut. Artikel tersebut sudah tak tercantum dalam kolom ‘ Edit Berita’ yang terdapat di Kolom ‘Redaksi – Penulis’ pada website Kabar Indonesia. Saat itu pun, saya sudah menyadari akan kelalaian saya dalam mencantumkan sumber artikel & penulisnya. Dengan kejadian ini, maka lengkaplah sudah kesilapan saya yang teramat fatal.

    Untuk itu, saya ingin menyampaikan PERMOHONAN MAAF dan RASA PENUH PENYESALAN atas insiden yang kurang menyenangkan ini. Khususnya, kepada Bung Muhammad Ruslailang Noertika (Daeng Rusli) Dan juga, untuk pihak Redaksi KabarIndonesia yang kiranya telah sudi menyampaikan teguran ini, saya mengucapkan TERIMA KASIH SEBESAR-BESARNYA atas perhatiannya selama ini.

    Dengan diliputi segala kekurangan dan kesilapan…sebagai seorang manusia biasa yang memiliki kelemahan :
    “SAYA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF YANG SEBESAR-BESAR & RASA PENYESALAN YANG TERAMAT DALAM ATAS KESILAPAN INI… SEMOGA HAL INI, TIADA AKAN PERNAH TERULANG KEMBALI DI KEMUDIAN HARI…”

    Yang Menyampaikan
    Permohonan Maaf & Rasa Penyesalan :
    Bambang Eko Nugrahanto

  11. Agam said, on May 19, 2007 at 10:53 pm

    Alhamdulilla kalo masalahnya sudah selesai dengan damai 🙂
    btw, sekarang ada hal serupa yang rame dibicarakan. Pemenangnya juga plagiat :p
    Plagiat dimana2 koq bisa menang ya? Aneh…

  12. nina said, on June 12, 2008 at 10:48 am

    so sweet


Leave a Reply

