…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Konsultasi Gratis Dokter Blogger

Posted in Renungan by daengrusle on April 13, 2007

dokter

Dunia maya memberikan peluang buat penggunanya untuk mengeksploitasi daya kreasi dan kemampuannya. Umumnya yang sering menggunakan kesempatan ini adalah para on-line marketer, mempromosikan barang kebutuhan yang mungkin diperlukan rekan lain sesama surfer di internet. Juga, para peminat IT, fotografi, seni budaya, kadang melalui forum, mailing list dan blog. Namun ada juga rekan blogger profesional yang mendedikasikan sebagian waktu nya untuk memberikan pelayanan gratis berupa konsultasi kesehatan sesuai capabilitas nya sebagai dokter.

Rekan dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked, blogger dan dokter muda yang tinggal di Denpasar Bali ini, dalam blog nya yang diberi label “Sekali Blog tetap Blog” ini menyempatkan membuka satu page khusus “Konsultasi Gratis” buat rekan blogger yang hendak melakukan konsultasi kesehatan. Saya sangat salut dengan usaha rekan kita ini, langkah bijak nan budiman untuk melayani sesama netter. Agak jarang seorang dokter yang juga memiliki blog, dengan kemampuan IT yang mumpuni menyempatkan diri berbagi untuk sesama. Setahu saya, umumnya dokter-dokter itu gagap teknologi…hehehehe. Ini saya ambil sample dari kakak dan adik saya yang dokter lulusan UNHAS. Bahkan untuk mengerti apa itu Windows dan Internet aja mereka kesulitan, mungkin karena beratnya beban kuliah di Kedokteran itu…

Anyway, mudah2an langkah mas Dokter Decock yang baik hati dan rajin mampir ke blog ku ini mendapat sambutan hangat dari para blogger, amin. Dan tak lupa, sang dokter diberikan kesehatan dan waktu luang untuk lebih banyak berbagi dengan yang lain…amin…

Silahkan mampir dan berkonsultasi dengan mas dokter ini di link diatas. Gratis kok!

31 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. andritta #8. said, on April 13, 2007 at 7:38 pm

    saya ralat bos, mereka (adik dan kakak dari UNHAS) tidak lah gagap teknologi, hanya mungkin pengetahuan mengenai blogging aja yang belum dikuasainya, dan itupun karena waktu luang mereka yang sangat terbatas, meskipun terbatas, toh mereka masih punya waktu mengutak atik komputer, apalagi internet, kalau dibilang ga tau namanya windows, saya kira itu sudah terlalu merendahkan.
    setahu saya, mereka cenderung lebih suka terjun langsung ke lapangan.
    “jadi masih mending kan?, menangani pasien langsung dengan tangan kita sendiri, dibandingkan menangani pasien dimana tangan kita masih di keyboard2 aja. :D”

  2. yunita said, on April 14, 2007 at 2:44 pm

    Internet seharusnya sudah menjadi kebutuhan pokok di seluruh dunia saat ini, tapi sayangnya tidak untuk di Indonesia. Setahu saya para dokter juga sudah diharuskan mengenal dunia internet sejak di bangku kuliah oleh dosennya… maklum temen kos saya dulu anak kedokteran semua. Tetapi mungkin internet hanya digunakan sebatas mencari materi bukan untuk berkomunikasi… dan itu juga sudah excelent mas.

    Kalau seorang dokter gak bisa mahir berinternet bagi saya bukan masalah besar asalkan rajin baca buku dan serius menjadi dokter, bukan asal menjadikan pekerjaan itu sebagai kebanggan diri saja. Tetapi kalo seorang birokrat yang gak mahir internet dan bahkan sampai ngirim email atau sebatas merubah bmp jadi jpg gak bisa …. wah itu yang bikin saya pusiiiiiiiiiiiiiiiiiinnngggg.

  3. Dani Iswara said, on April 16, 2007 at 9:34 am

    media yg ada kita manfaatkan sesuai kondisinya…
    terima kasih atas segala apresiasinya kepada dokter dokter jg manusia.. 😀
    silakan kunjungi kumpulan blog terkait kesehatan di Bloglines Kesehatan

  4. Agam said, on April 20, 2007 at 11:20 am

    Dokter Umum en dokter gigi udah ada yang ngeblog. Dokter Hewan ada gak ya? 🙂

  5. rara said, on April 23, 2007 at 10:08 pm

    Daeng ruslee.., jangan ki merendahkan lulusan kedokteran atau kedokteran gigi Unhas lho…
    Saya, calon dokter gigi, koass FKG Unhas, ngeblog..
    dr. Adhi, blogger Makassar, lulusan FK Unhas..
    Tadda, blogger Makassar, koass FK Unhas..
    Yoesrianto, blogger Makassar, koass FK Unhas
    ..dan masih banyak lagi..

    Hanya kebetulan mereka yg ndak ngeblog itu ndak minat memang untuk memperdalam ilmu internetan-nya dalam ngeblog (mungkin)..

    Dokter.. tidak selamanya harus gagap teknologi 😀
    Daripada yang konon lulusan Fakultas Teknik Unhas tapi mengoperasikan Microsoft Word saja gagap 😛

  6. rusle said, on April 24, 2007 at 7:46 am

    maaf Rara…hehe sa lupa qta dan teman2 yg dokter blogger lain…sorry…

  7. rara said, on April 24, 2007 at 9:13 am

    ttg dokter yg gaptek.. mungkin itu jaman dahulu kala.. saat kuda masih gigit besi, kalau sekarang sih kuda gigit flashdisk..

    btw fyi.. dokter adhi itu.. calon spesialis anastesi lho 😀
    trus.. kl di luar blogger makassar, banyak sekali nah list-nya.. banyak teman2ku yang dokter/dokter gigi maupun lagi skolah dokter/dokter gigi tapi ngeblog juga 😀

    eniwei baswei, mungkin sekarang saatnya kita’ ajarkan ngeblog, windows dan internet kepada kakak dan adik ta’ itu hehehe

    *lariiii, cegat pesawat jet*

  8. Cool said, on April 24, 2007 at 5:02 pm

    Dear Dokter..
    Mau numpang tanya nih kepada para Dokter..
    Kalo sering nguap mulu tuh artinya apa ya?

    Apa ada indikasi jenis penyakit untuk syntom seperti itu?

    ato memang karena masa Withdrawal syndrom dalam berhenti merokok? tapi butuh berapa lama withdrawal syndrom itu? soalnya kini sudah sampe 4 bulan Dok..

    Thanks a lot ya .. GBU all..

  9. fandy said, on May 30, 2007 at 2:11 pm

    Dok saya cew berumur 19 tahun,saya mau tanya tentang penyakit epilepsi..!!.dok ada teman ku dia mengalami kejang-kejang disaat dia stres, diwaktu SMU kls 2 smpai saat sekarang dia berumur 18 thn,dia sdh konsultasi kedokter saraf tapi tidak ada perubahan…kira-kira dia mengidap penyakit apa itu dok? dan cara pencegahan, pengobatannya bagaimana?………..

  10. rusle said, on May 30, 2007 at 2:28 pm

    eitss…
    saya bukan dokter nih…salah sambung heehe
    mestinya dikirim ke dr dekock…:p

  11. aldino said, on August 11, 2007 at 9:10 pm

    dok nama saya aldino 24 tahun, saya sering mengalami kesakitan dibagian puser sebelah kiri, jarak dari puser, kira@x cuma 2 cm, obat apa yang saya harus beli, tolong ya, Thanks. wss.

  12. firman said, on August 21, 2007 at 4:13 am

    dok teman saya memiliki kebiasaan aneh berupa sering mengalami kejang,tetapi kejang bukan kejangnya balita yang terserang demam tinggi.kejang yang dialaminya seperti ada penyakit saraf yang diderita.untuk mengekspresikan kejangnya kadang ia menganggukkan kepala atau seperti serangan kejang mendadak sekejap.untuk menahan serangan kejang itu kadang ia mengeluarkan suara seperti erangan atau kadang seperti menahan batuk.kira-kira itu penyakit apa ya.mohon dijawab karena kasihan sekali melihatnya sehari-hari.

  13. sadli said, on August 22, 2007 at 9:00 pm

    OK, keren, aku tunggu dech updatenya

    http://www.tante-girang.cjb.net
    .

  14. vonita said, on September 25, 2007 at 7:48 pm

    malam
    nama saya vonita
    saya mau bertanya bagai mana ciri-ciri likemia?
    saya sering sekali sakit kepala yang ga bisa saya tahan dan
    saya juga sering mengeluarkan darah lewat mulut,hidung dan sekarang sakit kepala saya semakin parah
    apa saya mengidap leikemia??

  15. Imam bahtiar said, on November 22, 2007 at 11:32 am

    Dok, saya mo nanya apa maksudnya hasil lab utk hepatitis sbb:

    GPT = 51 U/L (nilai rujukannya adalah < 50 U/L)

    HBsAg = S/N : 0.60 non reaktif (nilai rujukannya adalah non reaktif, dengan acuan S/N =2 rekatif)

    Apa saya dapat dikatakan kena hepatitis?, jenis apa?

  16. fahrie said, on December 17, 2007 at 11:47 am

    Dg Rusle…
    Salam kenal
    Saya setuju dengan komentar daeng, bahwa banyak (tapi tidak semua) dokter yang masih enggan bersentuhan dengan dunia internet apalagi nge-blog.
    Untuk dokter alumni UNHAS sendiri, sebenarnya sejak 2003 punya dottoro-unhas.blogspot.com yang sayangnya mati setahun setelahnya. Salah satu penyebab matinya – setelah kita autopsi dan bikin visum et repertum :p – adalah karena kurangnya respon dari teman-teman dokter UNHAS lainnya.

  17. Eddy said, on December 28, 2007 at 9:58 pm

    Ass…

    Kayanya udah ga ada tuh dr ato drg yg ga bisa mengoperasikan komputer… Coba aja survei.. Malah ada yg bisa ngrakit sampe buat software komputer koq…

    Wass…

  18. zulyah said, on February 10, 2008 at 3:51 pm

    doktor
    saya mau tanya tentang masalah penyakit kelaminherves ?
    apa itu bahaya ? bisa diobati atau tidak ? berpengaruh atau tidak terhadap rahim saya. tolong beri saya informasi yang jelas dan akurat. dan bagaiman cara pengobatannya tolong jelaskan dengan rinci ya dokter.trims

  19. wina said, on May 7, 2008 at 10:18 am

    ass,dok saya mau tanya pinggang saya sering sakit,rasanya ngilu banget dok kadang sebelah kiri kadang sebelah kanan,dibuat nafas kadang juga tembus ken pinggang dok,kadang juga waktu nafas tembus ke punggung sebelah kiri,itu kenapa ya dok?,tolong jawabannya kirim ke email saya ya dok,makasih dok!!!!!!!!!!!!!!

  20. syukron m said, on May 18, 2008 at 2:06 pm

    selamat siang dok, maaf saya mau tanya tentang pengertian TRAUMA ABDOMEN beserta definisi, manipulasi, dan klarifikasinya sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak terimakasih dan mohon dijawab secepatnya dok ini saya sangat membutuhkan jawaban itu
    selamat bekerja dan sukses selalu

  21. syaiful rahman said, on June 1, 2008 at 9:10 pm

    ass.wr.wb.dok aku mau tanyak mengenai penyakit alzhamair…..apakah alzhaimer bisa dialami oleh remaja?….aku punya ciri2 sama dengan orang yang terkena penyakit alzaimer misalnya aku sering lupa tempat menaruh benda,aku sulit mengatur kata-kata sehingg orang yang ngomong dengan aku bingung.dok apakah aku termasuk orang yang terkena penyakit alzhaimer..tolong jawabannya kirim ke email saya ya dok,makasih dok!!!!!!!!!!!!!!

  22. Amri Shodiq said, on June 24, 2008 at 11:34 am

    Ada juga lo yang bukan dokter tapi buka website konsultasi dokter online gratis. Mohon masukannya para dokter sekalian.

    http://www.konsultasi-dokter.com

  23. Rekyan said, on July 2, 2008 at 11:11 pm

    Saya seorang ibu berusia 31 tahun dan berprofesi sebagai guru SMP. Pada th 2002 saat saya hamil pertama (melahirkan kembar), terdapat benjolan kecil dalam leher saya. Pada th1995 saat SMA, saya pernah mengalami luka bakar dan menimbulkan bekas keloid pada leher saya. Sekarang setelah 6 th benjolan tersebut membesar (sebesar telur ayam) di dalam leher saya, dan apabila digunakan untuk menelan, benjolan tersebut ikut bergerak seperti jakun, dan terasa sakit sekali seperti tertusuk duri besar sampai ke telinga dalam bagian tengah, kepala pun ikut pusing teramat sangat. Saya sudah periksa ke dokter bedah spesialis, diagnosanya dikatakan stroma dan harus dioperasi.Pertanyaan saya:
    1. Apakah penyebab munculnya penyakit stroma di leher saya tersebut ?
    2. Apakah penyakit saya ini berbahaya dan tergolong kanker?
    3. Apakah penyembuhannya harus dengan jalan operasi?
    4. Apakah ada obat atau makanan lain yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit saya ini ?
    5. Apakah pantangan yang harus saya cermati untuk mencegah membesarnya ukuran stroma ini?
    Demikian pertanyaan saya ini, saya mohon jawaban dan saran yang pasti sangat berharga sekali bagi saya. Saya tunggu di email saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  24. Rusly said, on July 5, 2008 at 8:59 am

    Hehehe……dikirain dokter ya?Entar lagi ada yang nanya….Dok, mo nanya kalo gua lagi jatuh cinta…spy jatuhnya nggak sakit gimana, Dok?hehehe……..

  25. aziz said, on September 7, 2008 at 12:32 pm

    Dok Saya Itu Sariawan di tenggorokan apa obatnya?

  26. Yuniarti said, on December 4, 2008 at 9:59 pm

    Dok, ada sebenarnya ga sih obat untuk otak? Sepertinya saya kok sekarang sering lupa ya? Apa proses melahirkan berpengaruh? Tapi itu sudah setahun yang lalu.

  27. rini said, on January 19, 2009 at 5:40 pm

    Dok, makanan apa yang menunjang agar cepat hamil?
    apakah wanita yang kcanduan minum kopi akan sulit untuk hamil ya Dok?

    Terims kasih

  28. Iqbalsandira said, on February 18, 2009 at 1:30 pm

    Saya juga keberatan dokter/dokter gigi alumni unhas dibilang gagap blog. datang saja ke blogku kalau tidak percaya…

  29. winda said, on August 25, 2009 at 3:15 pm

    aya mempunyai gigi susu dibagian gigi bawah di depan,, kata dokter yang saya temui gigi tersebut harus dicabut, tetapi saya tidak mau karena gigi saya letaknya di depan, saya tidak mau kelihatan ompong. bagaimana menurut dokter? apakah ada cara lain untuk mempertahankan gigi saya ini?
    sriwindayani@ymail.com

  30. Sari said, on August 27, 2009 at 11:18 am

    Selamat pagie…

    Dok, Berawal dari ibu saya yang sering sakit gigi lalu saya tidak sengaja menggunakan sikat giginya, keesokan harinya gigi saya sering gilu tak tertahan sampai saat ini pun masih sering sakit. Apakah sakit gigi itu bisa tertular dengan orang lain?? dan pasta gigi pa yang cocok dengan saya??

  31. cimung said, on August 27, 2009 at 4:25 pm

    dokter,,mu tanya nih,,
    umur sy udh 22 thn,,sy pnya pnyqt maag dr umur 18thn,,,awalnya sh ky yg suka sqt ulu hati trus mual2,,
    Sy udh pergi k berbagai dokter dan ahli alternatif,,
    Sekarang sh udh aga mendingan,,ga terlalu sering sakit d bagian ulu hati tp sapai sekarang sy msh suka mual dan pusing. Itu ngeganggu aktifitas sy,,jd ga bisa pergi jauh2,,krn klo udh d jalan suka ngerasa cepet pusing dan mual,,jd malu2in aja kn,,
    Gmn ya biar sy bisa sembuh total ga cepet ngerasa pusing atau mual,,???Ada hubungannya ma sugesti juga ga sih??


Leave a Reply

