…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

replika yang terbakar

Posted in Indonesia by daengrusle on March 1, 2007

USTANO BASA PAGARUYUNG TERBAKAR!

burned out

Kemaren sore saya mendapat berita via rekan di milis ID-Photographer bahwa Istana Basuo Pagaruyung ludes terbakar api karena tersambar petir. Dalam waktu singkat, istana kebanggaan masyarakat Minang yang sering menjadi tempat upacara adat dan penobatan gelar adat bagi tokoh tertentu, termasuk presiden SBY dan Megawati SoekarnoPutri, habis tinggal kerangka walau 10 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk membasmi sang jago merah. Bangunan tua tanpa penangkal petir yang juga berfungsi sebagai museum ini berisi berbagai benda peninggalan bersejarah. Namun untungnya, benda2 pusaka itu bisa diselamatkan karena disimpan di lokasi yang berbeda.

pagaruyung before

Saya sendiri pernah berkunjung ke istana yang bernama lengkap Ustano Basa Pagaruyung di Juli 2003, ketika piknik bareng teman-teman kerja Tripatra – PGN dari Jambi. Istana yang berlantai tiga ini terdiri dari 11 gonjong dan ditopang 72 tonggak kayu merupakan objek wisata favorit di Tanahdatar. Bangunan yang dindingnya dihiasi ukiran minang ini sebenarnya baru dibangun pada 1976 sebagai replika/duplikat bangunan Rajo Alam Pagaruyung (Ustano si Linduang Bulan) yang dibakar tentara Kolonial Belanda pada 1804. Lokasi istana asli nya sendiri sekitar 1km dari bangunan replika ini.

kerangka

Hal yang menarik yang disampaikan oleh guide istana ketika itu adalah bahwa para lelaki bujang tidak diperbolahkan menginap di dalam istana, bahkan Putra Mahkota sekalipun. Mereka biasanya menginap di Musholla Istana. Sementara penghuni istana hanyalah para keluarga dan putri-putri istana. Hehehe…kasihan ya…

foto2 ini diambil dari web: http://www.west-sumatra.com

berita lengkap:
Kompas: Ustano Basa Pagaruyuang Ludes dalam Satu Jam
Tempo Interaktif: Istano Basa Pagaruyung Ludes Terbakar
West-Sumatera: Foto kebakaran

Advertisements

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Goio said, on March 1, 2007 at 11:48 am

    replika yang terbakar? replika apa yang terbakar, daeng?

  2. Goio said, on March 1, 2007 at 11:51 am

    oh iya.. sekalian ngabarin.. aku mau ke BPN minggu depan untuk tiga minggu.. mbok ya disambut dan ditraktir makan2 hehehehe

  3. rusle said, on March 1, 2007 at 4:28 pm

    replika Istana Pagaruyung dunk…wah gak baca nih mas Goio…
    ok deh ditunggu di Balikpapan…hehhe

  4. Goio said, on March 2, 2007 at 12:47 am

    Akh .. iya! .. betul.. ada satu kalimat yang terlewat… abis kalo ngeliat awal kalimat kirain yang kebakar ya istananya .. jebule replikanya 😀 …

    eh bener nih ditunggu? jangan cuman ditunggu atuh ..tapi juga dijamu 😀

  5. gilr said, on January 24, 2008 at 3:35 pm

    knapa seh istananya bisa kebakar gitu? apa benar krana dah banyak banget orang-orang ngelakuin hal-hal yang aneh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: