…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

tktq+ ??

Posted in Renungan by daengrusle on February 19, 2007

tktq+

http://www.tktq.net

Selama sepekan sebelumnya, saya sempat bergulat otak dengan sebuah web quiz teka teki yang sangat menarik dan menggelitik daya juang dan daya pikir. informasi awal mengenai kuiz ini diperoleh dari rekan di milis bloggermakassar. setelah mencoba beberapa kali, dengan memanfaatkan clue dari forum dan rekan sesama blogger makassar, akhirnya saya berhasil mencapai level 31.

Tapi level ini rupanya masih level kacangan karena setelahnya masih bejibun quiz dan puzzle yang disajikan untuk dilahap oleh otak kita. kalo liat di forum nya, untuk kelas 1, ada 20 level (level 1-20), untuk kelas 2 ada 20 level juga (21-40), level 3 ‘mungkin’ ada 20 level juga (mungkin karena di forum diskusi nya, topik diskusi level tertinggi masih di level 48). Nah kebayang kan masih ada sekitar 30 level lagi yang harus saya tuntaskan untuk menjadi ‘jagoan’ puzzle ini.

Namun, saya kemudian memutuskan untuk berhenti ‘berjuang’ mengingat kondisi kesehatan saya yang kurang baik akhir-akhir ini, juga banyaknya kesibukan di kantor yang mengejar-ngejar untuk dientaskan. Quiz ini sendiri cukup menyita waktu saya selama 2-3 hari pertama kenal, dan saya pikir sudah waktunya untuk diakhiri, mungkin saat luang lain dilanjutkan lagi.

Menurut otak saya yang agak bodoh dan lambat berpikir ini, web quiz ini sangat menarik dan memancing nalar dan kreatifitas kita berpikir. So yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan berhitung, membaca, tapi lebih dari itu, kemampuan logika dan bagaimana melihat segala sesuatunya dalam suatu hubungan.

Jawabannya sendiri bisa beragam tentunya, tapi mungkin hanya ada satu yang paling tepat. Pertanyaan-pertanyaannya kadang sangat sederhana sekali, tapi kita harus memutar otak mencari jawaban yang sesederhana mungkin, tapi mengena. Jawabannya sendiri semuanya dalam bahasa indonesia, artinya yang membuatnya tentunya orang Indonesia. hebat ya? padahal dari awal saya curiga, kemampuan otak melayu kita belum sampai untuk membuat hal-hal yang fantastis seperti ini. Halah, dasar gak nasionalis…hehehe. Terus yang membuat saya lumayan berbahagia, dari web quiz ini saya bisa menemukan dan mempelajari berbagai macam puzzle dan bahasa klasik nan legendaris macam; sudoku, vigenere, morse code, nautical flag language, mirror alphabet, dll.

Ini buat saya ibarat menjadi detektif Landon dalam novel terkenal Dan Brown, da Vinci Code. Kita diajak untuk memecahkan teka-teki dibalik berbagai macam gambar, angka, dan kata2 yang awalnya tanpa makna. Namun ketika menggali lebih dalam, lebih detail akan ditemukan pesan-pesan rahasia yang memberikan informasi untuk masuk dan bergerak ke tingkatan yang lebih jauh lagi. Intinya, web quiz ini membuat wawasan saya tentang matematika, logika, dan pengetahuan. Juga yang tak kalah pentingnya, bagaimana memanfaatkan seach engine google untuk mencari tahu apa yang kita belum tahun.

Web quiz ini sendiri rupanya sudah mewabah di milis-milis yang lain dan menjadi semacam trend di kalangan blogger, dan netter di dunia maya. Kalau saya ambil statistik dari mereka yang dah menjawab salah soal-soal di quiz ini, berarti sudah 73,000 hits yang pernah singgah di web ini. Sementara pesert quiz yang tercatat di forum diskusi nya sudah mencapai 1,304 member. Angka-angka ini mulai tercatat sejak di launching tanggal 23 January 2007. Bayangkan betapa pesatnya jumlah peminat nya, hanya dalam 2-3 minggu saja.

Keluhan #1.
Mengingat jumlah peminat yang dahsyat ini, dan ramainya diskusi dan share clue di milis blogger makassar, kemudian beberapa rekan yang mulai terusik menyampaikan keluhannya. Keluhan utamanya adalah bahwa diskusi ttg quiz ini sudah menyita bandwith yang cukup besar, terkhusus buat rekan2 yang mengakses internet via GPRS…hehehe…yah, saya hanya melihat bahwa mungkin rekan2 ini saat ini sangat antusias layaknya anak kecil yang baru dapet mainan baru dan kebetulan sangat menarik…

Keluhan #2
Pagi ini saya menerima email dari seorang sahabat yang rupanya juga mendapatkan forward an email ini dari rekan yang lain, mengaitkan antara ‘ghazwul fiqr” dengan permainan ini, Web ini menurut rekan kita itu, didanai oleh sebuah funding raiser yang melakukan kegiatan sosial di sekitar Louisiana, Mississippi dan Alabama yang menjadi korban keganansan Badai Katarina tempo hari.salah satu kutipannya adalah sebagai berikut…
….”Penasaran, saya pun akses situs tktq tersebut, dan apa yang saya dapatkan? Di halaman portal tktq tersebut ada tanda ‘+’ yang dituliskan tepat setelah rangkaian huruf tktq. Yang perlu dicermati lagi adalah model huruf ‘q’ yang digunakan, seperti sebuah simbol (wallahu’alam saya masih belum menemukan apa arti simbol tersebut). Dan di kolom sebelah kanan ada sebuah banner “Gulf Hurricane Relief – Help Support Helath Clinics Providing Critical Aid to Evacuees” yang jika di klik akan mengarah pada sebuah url link http://www.bushclintonkatrinafund.org/….”

“…. Tktq ini adalah sebuah Ghazwul Fikri yang dilancarakan oleh musuh-musuh Islam untuk menggerogoti sendi-sendi kekuatan kaum Muslim. Masihkah kta asik bermain tktq sedangkan sudara kita di Palestine menderita melawan musuh-musuh Islam, musuh kita bersama. Masihkah kita bisa asik bermain setelah kita mengetahui nasib Nadia, gadis muslim Iraq yang telah diperlakukan seperti binatang oleh tentara Amaerika la’natullah? Lalu dimana hati kita? Dimana ukhuwah Islamiyah yang selalu kita gembor-gemborkan? Wallahu’alam. ….”

Saya pribadi, tentulah sangat mendukung Palestina, Iran, Hezbollah, dan perjuangan sesama Muslim menegakkan kedaulatan mereka dari tangan busuk pemerintah Israel dan Amerika yang laknat itu, dan sudah barang tentu berusah semaksimal mungkin untuk turut membantu perjuangan mereka, insya Allah. Namun berkaitan dengan pengkait-kaitan web ini dengan proyek sosial “Gulf Hurricane” yang membawa misi terselubung kristenisasi yang digembar-gemborkan yang mengatakan bahwa ‘base’ gereja mereka adalah Louisiana, Missisipi dan Alabama.

Kok membaca ini saya jadi agak geli…dari ingatan saya, daerah itu merupakan korban Badai Katrina, dan proyek Gulf Hurricane adalah proyek yang murni kemanusiaan untuk membantu korban2 badai Katrina dan Rita di sepanjang Teluk Mexico, New Orleans, Missisipi, Alabama, Louisiana, Florida. Apa hubungannya dengan “kristenisasi”?

Bukankah proyek Gulf Hurricane itu sifatnya meminta dana bantuan, bukan untuk menyebarkan bantuan, apalagi menyambangi muslim-muslim di Indonesia untuk dibujuk masuk kristen dengan iming2 indomie, makanan dan pakaian lainnya. Lantas, kok jauh sekali mengaitkan kota Missisipi yang dilanda bencana itu dengan mahasiswa Missisipi yang kebetulan berprofesi sebagai misionaris. Apalagi mengait-ngaitkan angka “+” dan huruf “Q” sebagai simbol Kristen.

Buat saya ini hanya kecurigaan yang berlebihan, bahkan cenderung paranoid. Mari berpikir lebih dewasa dan melihatnya dengan bijaksana tanpa harus melestarikan rasa curiga terhadap sesama. Tidak semua hal-hal yang berbau ‘barat’ dan datangnya dari USA itu jelek dan bermaksud menjerumuskan Islam. Bahkan beberapa hal memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan Islam, seperti misalnya Search Engine “Google”, GoogleEarth, Gmail, etc.

Satu hal yang saya sepakati, memang bahwa larut dalam permainan ini cenderung membuat kita lupa waktu dan membuang banyak kesempatan untuk berbuat lebih baik. Tapi curiga yang berlebihan adalah hal yang lain.

wassalam

Advertisements

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. deen said, on February 19, 2007 at 5:26 pm

    wess..ampe sakit daeng?heheh..se juga ari ptama..pulang kantor dgn kepala cenut2, mentok di level 12 ka’ waktu itu, keesokanny se lanjut lagi ..bermodal clue2 dari tmn2 blogger.
    Sempet terbesit sekaligus sadar dan mewanti2 diri, jgn ampe tekateki sperti ini nguasain waktu yg Rabb dah kasi..dan sebagai gantiny se niatkan utk mengasah logika dan otak kiriku..yahh.. kembali ke niatnya lagi lah
    Mengenai soal curiga2an itu..yah Wallahu ‘Alam…
    btw daeng..nyerah di level32 ma’..setelah semalam ngajak otak muter2 di sudku..hehehe.. cape’ ma 😛

  2. nawir said, on February 19, 2007 at 5:57 pm

    hmm… sa nda nyangka email yang saya forward ke daeng dibahas di milis… wakakakakakak… saya minta ampun di level 3… malasma kerjaki… hihihihi

  3. masjito said, on February 20, 2007 at 6:07 pm

    saya level 14 aja dah pusing 😀

  4. aVank said, on February 23, 2007 at 3:35 am

    wew
    analisanya mendalam bet
    tapi kok terkesan melebih2kan
    itu khan adsense
    ti ati lho mas
    tulisan lebih tajam daripada lidah

    cmiiw

  5. rara said, on February 26, 2007 at 9:41 am

    dan ternyata saya bisa lolos dari level 37 akhirnya!!
    *joged2 sambil injek2 yg bikin tktq*
    sekarang sudah naik ke kelas 3..
    dan kembali stuck di level 41 hahahaha

  6. cukup said, on March 4, 2007 at 4:57 pm

    hmm ga segitunya yg bikin orang indonesia tuh tapi sekarang gy kuliah d jerman dan belanda..

    iklan2 yg ada disitu juga cuma untuk mendanai kelangsungan tktq karena sekarang server gratisan ga kuat lagi nampung bandwith yg begitu tinggi

  7. aRdho said, on March 18, 2007 at 6:38 pm

    aahh.. dasar banyak negatip tingking.. 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: