…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

Downfall: DER UNTERGANG

Posted in Kenangan by daengrusle on December 6, 2006

Saya tidak tahu, apa yang berkecamuk di pikiran suami-istri Goebbels, menteri propaganda pemerintahan Hitler, ketika satu persatu dari ke-tujuh anaknya yang masih belia disuapi Racun Sianida ketika terlelap di bunker persembunyian Hitler dan pembantu-pembantunya. Sebelumnya, adegan di film ini memperlihatkan dialog bagaimana si Ny Goebbels mengatakan “saya mengkhawatirkan nasib anak-anak saya jikalau pemerintahan Nazi sudah tidak eksis lagi di Jerman”. Kekhawatiran ibu yang tidak beralasan, yang kemudian ditimpalin oleh lawan bicaranya “biarkan mereka menjalani hidupnya sendiri”. Namun sang Ibu tetap berkeras untuk menghabisi nyawa anak-anaknya, sesaat sebelum mereka berdua juga bunuh diri.

Filem ini, lebih megedepankan sisi manusiawi, atau lebih pasnya, pergolakan perasaan ketika dalam kekalahan. Saat-saat terkahir pemerintahan Hitler dihabisi oleh serangan Rusia. Hitler dan Goebbles sendiri, bersama beberapa jenderal lainnya lebih rela menghabisi nyawa sendiri dibandingkan menyerah ke tangan musuh. Bahkan jenazah mereka diharuskan untuk dibakar sehingga tak akan dikenali oleh tentara Rusia.

Waspada: Film ini berkisah tentang 12 hari terakhir kehidupan pemimpin yang berciri khas kumis pendek tersebut. Dibandingkan dengan film-film yang mengangkat kisah yang sama, “The Downfall” mengangkat sisi humanis diktatator yang terkenal kejam itu.

Kisah di film ini bersumber dari saksi mata dan buku sejarah yang mengangkat kisah Hitler. Saksi hidup yang diambil ceritanya berasal dari orang terdekat Hitler, Traudl Junge. Junge adalah sekretaris Hitler ketika berada di dalam bunker.

Filem yang layak ditonton!.

Jenis Film DRAMA/WAR – ADULT (R)
Pemain BRUNO GANZ, ALEXANDRA MARIA LARA, JULIANE KOHLER
Sutradara OLIVER HIRSCHBIEGEL
Penulis BENRD EICHINGER
Production Company CONSTANTIN FILM
Official Homepage http://www.downfallthefilm.com/
Trailers http://www.downfallthefilm.com/
Duration 156 min

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. rara said, on December 7, 2006 at 10:34 am

    kopdar dalam rangka ultah BLOGFAM! info lengkap ada di milis dan blog komunitas (www.angingmammiri.org) nah πŸ™‚ sa tunggu ki! πŸ˜€

  2. Thamrin said, on December 11, 2006 at 11:41 am

    film yang menarik, saya sudah tonton. Paling tidak memberikan nuansa lain thd film-film mengenai perang dunia II dan Hitler.

  3. hendra said, on December 15, 2006 at 5:42 pm

    wahh..kanda raja minyak tontonannya yg berat2 yach πŸ˜›

  4. Ifool said, on June 20, 2007 at 9:35 am

    one of my favorite movie..

    sy sebenarnya memang sangat tertarik sm hal2 yg berkaitan ttg Nazi, slalu curios ttg “devil inside”-nya Hitler. di film ini mmg ada sebagian cerita yg blum pernah dipublikasikan sebelumnya…

    memang layak tonton…

  5. Budi Rommel said, on March 19, 2008 at 8:31 am

    5 bintang!!!


Leave a comment