…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

akankah beliau meninggalkan kita?

Posted in Renungan by daengrusle on May 19, 2006

Go to fullsize image —?—- Go to fullsize image

Entah ada hubungannya atau tidak, letusan Merapi kali ini dengan bapak Soeharto. Beberapa hari terakhir ini, status Merapi sudah ditingkatkan menjadi Awas Merapi ,menandakan bahwa sebentar lagi GUnung ini akan meletus. Disaat yang hampir bersamaan bekas orang nomor satu Indonesia tersebut diberitakan masih belum melewati masa kritis bahkan kondisinya makin mengkhawatirkan, beberapa media malah mengisyaratkan bahwa bapak pembangunan ini akan segera meninggalkan kita untuk selamanya. Bahkan seorang politikus sudah menghimbau masyarakat untuk mendoakan semoga beliau dapat mengakhiri hidup ini dengan husnul khotimah. Presiden SBY pun sudah berkenan menjenguk beliau pagi ini.

Berkenaan dengan itu pihak keluarga sudah berkumpul di RSPP Pertamina, tempat beliau dirawat selama ini, untuk mengantisipasi dan mengiringi beliau sekiranya keadaan menjadi lebih buruk lagi.Berita terakhir menyebutkan bahwa beliau mengalami lagi pendarahan di ususnya setelah menjalani operasi pemotongan usus sepanjang 40 cm.

Umur beliau sendiri sudah hampir mencapai 85 tahun. Dikutip dari wikipedia beliau lahir di kemusuk Yogyakarta Juni 1921. Karir politik beliau sebenarnya mencuat lewat Supersemar yang kontroversial.Ia mulai menjabat sejak keluarnya Supersemar yang dinilai kontroversial pada tanggal 12 Maret 1967 sebagai Pejabat Sementara Presiden, dan dipilih sebagai Presiden pada tanggal 21 Maret oleh MPRS. Soeharto dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun itu. Pengunduran diri tersebut menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998.

Namun pada 12 Mei 2006, bertepatan dengan peringatan sewindu Tragedi Trisakti, Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto pada tujuh yayasan yang dipimpinnya dengan alasan kondisi fisik dan mental terdakwa yang tidak layak diajukan ke persidangan. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006.

Terlepas dari model pemerintahan militeristik – otoriter yang dijalankannya sejak 1967, beliau telah menanamkan kesan yang mendalam bagi bangsa Indonesia, terlebih karena di masa kepemipinan beliau lah, bangsa Indonesia mulai membangun kebangkita ekonomi dan berusaha mencuat sebagai macan asia. Juga, tidak bisa dipungkiri bahwa masa itu, stabilitas ekonomi dan jaminan keamanan menjadi suatu kenikmatan tersendiri bagi iklim investasi dan usaha di Indonesia. Rakyat menyadari sepenuhnya, setelah beliau lengser, keadaan menjadi tidak stabil baik dari segi keamanan maupun dari segi perekonomian.

Krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun-tahun terakhir masa jabatan beliau, sampai saat ini pun masih banyak rakyat Indonesia yang terkungkung oleh krisis yang berkepanjangan.Ketenangan dan kewibawaan beliau selama memimpin bangsa Indonesia ini membuat tenang rakyatnya. Bahkan media asing menggelari beliau sebagai ’smiling general’.

Banyak produk beliau yang masih teringat sampai saat ini, mulai dari acara Sambung rasa, laporan khusus, kelompencapir, penataran P4, SD Inpres, Pasar Inpres, ABRI Masuk Desa, sampai film G30S/PKI pun tak lepas dari pengaruh beliau.Tidak heran kalau ketika masa kanak-kanak, banyak yang mengidolakan beliau.Namun, kini bekas orang paling berkuasa di Indonesia itu kini tergolek lemah di ranjangnya di RSPP Pertamina. Memang, tidak ada kekuasaan yang langgeng, begitu juga dengan usia manusia. Cepat atau lambat pasti kita akan menjalani fase terakhir dari kemanusiaan kita, yakni kematian dan menghadap sang Pencipta.

Go to fullsize imageGo to fullsize imageGo to fullsize imageArtikel-artikel tentang beliau dapat diperoleh melalui wikipedia dan tokohindonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: