…menulis untuk mencicil ketidaktahuan

sisi buruk

Posted in Renungan by daengrusle on April 27, 2006

Go to fullsize imageSemalam ketika menyusuri boulevard jl Ahmad Yani Balikpapan, terngiang cerita istri saya tentang tetangga saya, seorang Ustad jebolan Mesir dan Saudi, yang sehari-harinya dipanggil 'pak Haji', dan mengajar di pesantren-pesantren sekitar Balikpapan dan Samarinda…sebenarnya cerita istri saya ini hanyalah kisah selintasan mata, hanya mendesis di telinga awam, dan mungkin tidak akan berbekas di hati kita…

Istri saya melihat sang Kyai, menghardik dengan kasar anak lelakinya berumur 5tahun.."kalo gak diam, saya pukul nanti"…

Pemandangan ini mungkin adalah hal yang lazim kita lihat di keluarga kita, gak bisa kita men-cap hardikan ini baik atau buruk tanpa melihat latar belakangnya. Bisa jadi hardikan terhadap anak juga diperlukan sebagai salah satu bentuk 'pendidikan' ataupun 'punishment'…Namun, ini juga bisa menunujukkan sisi buruk seorang berilmu ketika marah yang meledak….

Namun, kemudian pikiran saya melayang ke cerita2 yang lain yang terekam di kepala saya. Banyak saya mendapati betapa seseorang tokoh ketika berada di layar pentas sosial begitu dipuja karena kelebihan moralitas nya. Namun, dibalik itu semua ada juga yang memiliki sisi buruk yang mungkin akan me'malu'kan sang 'tokoh'.

Misalnya seorang kyai besar dari sebuah pesantren, rupanya memiliki kecenderungan seksual yang sangat tinggi sehingga dengan memanfaatkan syariat maka frekwensi 'nikah mu'tah' atau 'nikah siri' menjadi tinggi. Seorang hakim yang berwibawa di pengadilan, rupanya diam-diam memeras si tertuduh untuk 'membeli' kebebasannya.

Si Polisi yang garang dan galak dalam menegakkan peraturan rupanya juga seorang pengedar dan pecandu narkoba.

Seorang menteri Agama di republik berpenduduk Islam terbesar di dunia, rupanya sangat mempercayai 'klenik' yang justru di'haram'kan oleh Islam.

Seorang suami dan ayah yang menjadi kebanggaan anak-istrinya, rupanya punya kecenderungan korupsi di kantornya. Seorang pasangan yang selalu membanggakan diri sebagai pasangan paling setia untuk kekasihnya, rupanya punya seabreg daftar selingkuhan di 'otak'nya.

Seorang aktor yang selalu memerankan tokoh bersahaja dan berbudi pekerti yang luhur dan menjadi idola masyarakat serta sesekali menjadi juru kampanye anti Narkoba, ternyata di kehidupan sehari2nya justru kerap menghisap shabu-shabu untuk kesenangan.

Seorang artsi wanita yang anggun dan selalu menekankan profesionalisme, rupanya bisa juga di'booking' dengan beberapa juta rupiah. Seorang lelaki gagah dan disenangi wanita, ternyata masih suka melakukan onani. Seorang wanita terpandang karena kariernya rupanya pada jam2 tertentu di kantornya seneng banget mem-browsing cerita-cerita porno…

yah, mungkin ini hanya perkiraan aja dan gak sepenuhnya benar, namun saya pikir semua manusia memiliki sisi buruk yang memalukan…..

…nah, apa kira-kira sisi buruk Anda…? :p

Advertisements

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. rusman said, on April 27, 2006 at 2:15 am

    mmmm……sisi buruk kita sama dengan aib kita, karena itu kita kembalikan kepada Allah aja deh, karena Dialah yang berhak membuka dan menjaga tabir aib kita.. 🙂

  2. fijri said, on April 27, 2006 at 4:33 am

    i’m absolutely agree 100% with what k’rusman said 🙂

    just wanna share…
    for all parents please be carefull in taking care of their children..
    cause they often didn’t realize that they had abused their child…

  3. lontong said, on April 27, 2006 at 8:54 am

    Correction :
    I absolutely agree 100% with what k’rusman said.

  4. fijri said, on April 28, 2006 at 8:01 am

    thx

  5. Andi Noer BM said, on May 19, 2006 at 3:15 pm

    Beberapa bulan lalu waktu masih di jogja, saya mengunjungi sebuah distro dijalan Kapt.Tendean. Distor itu memuat design kaos yg unik dan kadang berisi tulisan-tulisan yang ada nilai filosofinya.

    “Devil side” sebuah baju kaos warna hitam dengan tulisa di depannya.
    Dibalik label harga dibaju tersebut ada kartu mengenai makna devil side.

    Kurang lebih begini artinya, setiap manusia, didalam dirinya ada sisi yang gelap, atau memiliki sifat-sifat setan.

    saya pikir itulah manusia .kalau angel side, tentu bukan manusia kalau kita tidak pernah berbuat dosa dan perbuatan buruk. Kita akhirnya menjadi malaikat. Karena kita manusia devil side itu kadang muncul.

    Takala individu yang katanya berstatus “haji” atau “pak Haji”, lalu melakukan perbuatan maksiat misalnya.

    Ya,.tunggu dulu. Harusnya kita gak usah memberi gelar pak Haji lagi pada orang itu.

    Yang namanya “Pak Haji” itu kan manusia. Persepsi kita dong yang salah, men-generalisir, semua haji itu memiliki sifat-sifat malaikat atau berbudi
    Harusnya kalo di sudah haji, ya Haji saja,.. gak usah ada persepsi berlebih dengan ke hajiannya. Nanti kan malah kecewa.

  6. satriya bratawijaya said, on August 7, 2006 at 10:48 pm

    Ass.wr.wb

    Sesungguhnya 4JJ tidak pernah mendzalimi hambanya tapi hambanya itu sendiri yang mendzalimi dirinya

    Wass


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: